Monday 12 January 2015

Bahan Baku Yang Segar Menentukan Kelezatan Siomay


Jenis hidangan siomay memang mempunyai banyak penggemar di tanah air dari berbagai lapisan masyarakat hingga tidak sedikit orang yang tergiur untuk menjajal bisnis kuliner dengan berjualan siomay. Harga yang relatif terjangkau serta rasanya yang lezat membuat kuliner khas dari kota Bandung ini banyak diminati terutama oleh anak-anak dan remaja. Banyaknya penjual siomai tentu membuat persaingan bisnis kuliner ini memang tajam apalagi beberapa orang pendahulu telah memiliki label sebagai pemilik usaha kedai siomai yang legendaris. Tetapi jangan berkecil hati dahulu, karena dengan berkonsentrasi pada bahan baku Anda pun bisa menghadirkan cita rasa ala restoran pada kedai siomai yang Anda rintis.


Bahan untuk siomay berkualitas
Hal utama yang harus diperhatikan dalam pembuatan siomay adalah kualitas dari bahan-bahan pembuatnya. Bahan baku daging ikan yang masih segar mutlak harus dipenuhi agar hasil olahan lezat dan yang paling penting sehat. Jenis ikan yang dapat Anda pilih untuk bahan baku pembuatan siomai adalah udang, cumi-cumi, ikan tenggiri, dan jenis ikan lain yang tekstur dagingnya lunak sehingga mudah dilumatkan. Cara memilih ikan yang segar adalah, badannya utuh, warna kulit baik atau cemerlang, baunya segar, daging ikan masih kenyal, dan insang berwarna merah segar.

Untuk dijadikan siomay, Anda bisa membuat pasta terlebih dahulu dari daging berbagai jenis hasil laut tersebut. Untuk membuat pasta udang, potong kepala udang dan kupas kulitnya lalu dicuci hingga bersih dan digiling dengan mesin. Sementara untuk membuat pasta cumi, pertama potong kepala dan sisi perut cumi-cumi hingga tersisa badannya saja. Potong-potong daging badannya kemudian dicuci hingga bersih dan dimasukkan ke dalam mesin penggiling untuk melumatkannya. Dan yang terakhir adalah untuk pembuatan pasta ikan, sayat daging ikan seperti membuat fillet ikan, bersihkan daging dengan cara dicuci kemudian dihilangkan duri-durinya. Giling daging ikan dengan mesin penggiling.

Selain bahan utama tersebut, jangan lupa perhatikan pula sayuran kukus yang dihidangkan bersama siomay juga harus terjaga kesegarannya. Dan yang terakhir adalah cita rasa saus kacang yang harus tak kalah lezat untuk menyempurnakan hidangan buatan kedai Anda. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment