Monday 12 January 2015

Cara Mengenali Siomay Yang Diberi Boraks


Akhir-akhir ini ramai diberitakan tentang berbagai jenis makanan jajanan yang diberi tambahan bahan kimia yang seharusnya tidak dikonsumsi oleh manusia. Tujuan pedagang atau produsen makanan tersebut melakukan hal ini adalah agar hidangan bertahan lebih lama untuk menghindari kerugian bila dagangan tidak laku terjual semua dalam satu hari. Siomay adalah salah satu dari beberapa bahan makanan yang sering diberi bahan kimia tambahan seperti boraks karena hidangan ini mempunyai banyak penggemar terutama anak-anak dan remaja. Sebelum membahas tentang ciri-ciri siomai yang diberi boraks, sebaiknya kita mengenal dulu apa yang disebut boraks tersebut.


Boraks adalah bahan kimia atau senyawa yang tidak berbau, berwarna putih, dan berbentuk seperti kristal. Bahan kimia yang sekilas mirip gula pasir ini mempunyai ciri stabil pada tekanan dan suhu normal. Fungsi asli bahan kimia ini sebenarnya untuk penggunaan dalam industri, yaitu untuk bahan pembersih, pengawet kayu, bahan solder, atau pengusir kecoa. Penggunaan boraks dalam pembuatan makanan bisa membahayakan kesehatan bahkan bisa menyebabkan keracunan. Dampak jangka pendek konsumsi boraks adalah diare, muntah, gangguan pada susunan syaraf pusat, dan konvulsi. Sementara untuk akibat jangka panjangnya, racun yang terakumulasi pada tubuh ini bisa memicu penyakit kanker dan penyakit berbahaya lainnya.

Agar Anda tidak sampai terjebak mengonsumsi makanan-makanan berpengawet boraks dan sejenisnya, berikut ini adalah ciri-ciri bahan makanan yang telah tercemar bahan kimia tersebut.
  • Warna
Perhatikan warna siomay atau bahan makanan lain yang hendak Anda beli. Bila warnanya terlihat cerah dan mencolok, sebaiknya Anda berhati-hati karena bisa jadi bahan-bahan tersebut mengandung bahan kimia boraks. Kulit pangsit pembungkus siomai yang diberi tambahan boraks akan berwarna kuning cerah, sementara yang tidak adalah kuning pudar hampir putih.
  • Tekstur
Bahan makanan yang diberi tambahan boraks biasanya teksturnya lebih kenyal dan sedikit elastis. Kekenyalan siomai akan berbeda dengan kenyal yang hanya diperoleh dari adonan tepung sagu dan tapioka.

Sangat penting bagi kita untuk waspada saat membeli jajanan apa pun termasuk siomay agar kesehatan tubuh juga tetap terjaga. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment