Wednesday 14 January 2015

Cara Membuat Kulit Siomay Sendiri


Apakah Anda penggemar siomay dan sering memasak sendiri kuliner khas Bandung ini? Jika ya, berikut ini adalah resep cara membuat kulit siomai yang dapat Anda coba. Di pasar-pasar dan supermarket memang tersedia kulit instan yang sering dibuat untuk kulit lumpia dan siomai, tetapi bukankah akan lebih memuaskan jika Anda yang membuat sendiri secara keseluruhan mulai dari kulit hingga isinya. Berikut ini adalah resep untuk membuat kulit kuliner dim sum versi Indonesia ini. Jika sebelumnya Anda hanya menggunakan tepung terigu untuk membuat adonan kulit siomai dan selalu mempunyai masalah dengan adonan yang terlalu lengket, cobalah resep berikut ini. Pada resep ini Anda menggunakan 3 jenis tepung sekaligus, yaitu tepung ten mien, tepung terigu, dan tepung tapioka.


Bahan Kulit siomay
Bahan-bahan yang harus Anda siapkan adalah 
  • 100 gram tepung ten mien, 
  • 120 gram tepung terigu berkualitas bagus, 
  • 2 sendok makan tepung tapioka, 
  • 150 ml air panas mendidih, dan 
  • 1 sdm minyak sayur. 
Cara Membuat :
Pertama siapkan mangkuk dengan diameter yang lebar agar Anda dapat menguleni adonan dengan leluasa. Cara membuat kulit siomai ini adalah, masukkan tepung ten mien, tepung tapioka, tepung terigu, dan minyak sayur ke dalam mangkuk, kemudian tuangkan air panas pada permukaannya secara merata. Tunggu beberapa menit hingga air mendingin dan meresap ke dalam adonan.


Setelah beberapa menit aduk adonan dengan sendok kayu dan uleni dengan tangan hingga adonan tercampur merata dan kalis. Waktu yang Anda butuhkan untuk menguleni adonan hingga tidak lengket lagi adalah sekitar 10 menit. Jika adonan mengering, tambahkan air sedikit demi sedikit. Bentuk adonan menjadi bulat dan gunakan kain bersih untuk menutup permukaan mangkuk.

Dengan menggunakan 3 macam tepung di atas, adonan akan memperoleh kekenyalan ideal dan tidak terlalu elastis. Dengan demikian adonan tak akan mudah mengerut kembali ketika selesai digilas, juga tak mudah lengket. Langkah yang terakhir adalah menipiskan adonan yang berbentuk bulat menggunakan alat penggiling atau kayu penggilas. Jika adonan telah mencapai ketipisan yang diinginkan, maka adonan pun siap digunakan untuk siomay, lumpia, atau dumpling.

No comments:

Post a Comment