Tuesday 13 January 2015

Asal Kata Jajanan Siomay


Siapa yang tak kenal siomay? Jajanan ini sangat populer di Indonesia walaupun sesungguhnya bukanlah makanan Indonesia asli. Walaupun banyak yang mengira hidangan ini adalah penganan khas Bandung, tetapi sebenarnya hidangan kukusan atau steam ini merupakan masakan asli Cina. Kuliner ini banyak tercantum pada menu restoran-restoran besar, di café-café mewah, warung kaki lima, bahkan hingga dijajakan keliling oleh abang-abang penjual jajanan.




Asal-usul nama siomay

Beberapa orang menyebut kuliner ini sebagai siomai yang berasal dari bahasa Mandarin Shaomai atau dalam bahasa Kanton disebut sebagai siu maai. Hidangan ini sebenarnya adalah bagian dari dim sum yang sering disantap sebagai snack, sarapan, atau brunch karena porsinya yang memang sedikit dan terdiri dari beberapa jenis makanan kecil-kecil. Jenis makanan yang merupakan bagian dari dim sum biasanya adalah bakpau, siomai, dan fung zau, sementara siomai sendiri konon merupakan kuliner asli Mongolia Dalam.



Dalam versi aslinya, kuliner ini merupakan daging babi cincang yang dibumbu dan dibungkus kulit yang tipis terbuat dari tepung terigu. Bentuk siomay dibuat silinder dan bagian atasnya dihias dengan kacang polong, parutan wortel, atau telur kepiting. Siomay dimasak dengan cara dikukus dan setelah matang disantap dengan kecap asin atau cuka. Dalam perkembangannya isian kulit siomai bisa juga dari udang cincang, daging kepiting, daging ayam, atau daging sapi.



Siomay sebagai kuliner Indonesia

Di tanah air sendiri, siomay hadir dengan versi tersendiri dan lebih disesuaikan dengan selera masyarakat Indonesia. Saat ini terdapat beragam variasi siomai mulai dari siomai campuran daging ayam dan udang, siomai ayam, siomai kepiting, dan siomai ikan tenggiri. Karena mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim maka siomai dengan isian daging babi cincang lebih sulit ditemui.



Kuliner siomay ini di Indonesia dihidangkan dalam satu piring dengan telur ayam rebus, kentang, pare, kubis gulung isi daging, tahu bakso dan kadang-kadang juga dengan campuran batagor goreng. Terakhir adalah siraman saus kacang yang dibuat dari kacang tanah yang dihaluskan, cabai, bawang putih, sedikit gula pasir, dan ditambah jeruk limau.

No comments:

Post a Comment