Tuesday 14 April 2015

Siomay Kuah Yang Unik Dan Lezat

Bila selama ini Anda akrab dengan sajian siomay yang dihidangkan tanpa kuah melainkan hanya diberi tambahan saus kacang di atasnya, mengapa tidak mencoba varian siomai yang unik tetapi tetap lezat, yaitu siomai kuah? Yang pasti rasa gurih dari siomai dan teksturnya yang kenyal akan berpadu dengan kuah lezat kaldu ayam yang segar dan nikmat. Menariknya lagi, Anda bisa membuat sendiri sajian kuliner unik ini untuk keluarga di rumah.


Memasak sendiri kuliner khas kota bandung ini di rumah sebenarnya sangat mudah, tidak membutuhkan terlalu banyak bahan yang mahal, dan yang jelas hasilnya akan sangat memuaskan karena dapat Anda buat sesuai selera. Yang paling penting hidangan ini terjamin kesehatannya karena Anda memilih sendiri bahan-bahan paling baik yang dapat bisa Anda dapatkan. Nah, berikut ini adalah resepnya.

Resep membuat siomay kuah
Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah 6 lembar kulit pangsit rebus instan, 50 gram wortel yang telah dikupas dan diparut halus. Untuk bahan isiannya, siapkanlah 200 gram daging ayam cincang, 100 gram udang cincang, 2 butir bawang putih yang telah dihaluskan, 1 sdm bawang merah goreng dan dihaluskan, 1 sdm tepung tapioka, 1 kuning telur, 1 sdt merica bubuk, dan 1 sdt garam. Aduk semua bahan isian hingga merata. Untuk bahan kuahnya adalah, 500 ml kaldu ayam, 1 siung bawang putih dicincang dan ditumis, 1 sdt garam, 1 sdm daun bawang diiris kasar, dan 1 sdt merica bubuk.


Cara membuatnya, pertama siapkan mangkuk-mangkuk kecil tahan panas yang berukuran sama dan oles dengan sedikit minyak. Lapisi dasar mangkuk dengan kulit pangsit instan kemudian beri adonan isi hingga penuh. Beri sedikit parutan wortel pada bagian atasnya kemudian kukus dalam dandang kukusan yang telah dipanaskan. Selama menunggu siomay matang, Anda bisa membuat kuahnya dengan cara merebus seluruh bahan kuah berupa kaldu dan bumbu-bumbunya hingga mendidih. Bila siomai telah masak, sajikan dalam mangkuk saji dan tuangi kuahnya. Hidangan ini lezat dinikmati selagi hangat. Selamat mencoba!

3 comments: