Tuesday 14 April 2015

Siomay Udang Lezat Dan Sehat

Ingin menikmati siomay buatan sendiri dengan kelezatan yang tak kalah dengan dagangan abang-abang penjual siomai keliling? Jika demikian Anda harus mencoba resep siomai udang yang satu ini! Mengapa siomai udang? Untuk isian siomai sebenarnya dapat kita kreasikan sesuai selera, jadi tidak harus menggunakan daging ikan tenggiri, karena mungkin di beberapa wilayah di Indonesia tidak mudah untuk menemukan jenis daging ini. Yang menarik siomai udang konon mempunyai cita rasa yang lebih nikmat dan gurih. Jadi bagi Anda penggemar sea food, resep yang satu ini bisa Anda coba di rumah.


Untuk bahan pembungkus siomai Anda dapat membeli kulit pangsit instan yang banyak terdapat di supermarket atau bahkan pasar tradisional. Untuk menambah cita rasanya Anda juga bisa menambahkan saus kacang dengan campuran cabe rawit sesuai selera. Dengan kucuran buah jeruk limau di atas siomai yang telah diberi saus kacang maka akan tercipta cita rasa siomay yang gurih manis, wangi, sedikit pedas, namun sangat menggugah selera keluarga.

Resep siomay udang
Untuk membuat siomai udang, siapkan bahan-bahan 20 lembar kulit pangsit, 100 gram daging udang yang telah dicincang, 200 gram daging ayam giling, 5 sendok makan tepung tapioka, 1 sdm garam, 1 sdt gula pasir, 1 sdt minyak wijen, 1 sdt merica, 1 butir telur (dikocok lepas), 1 buah wortel segar (kupas dan parut lembut).

Cara membuat siomai udang ini, pertama campur semua bahan isian siomai menjadi satu pada mangkuk besar kecuali wortel parut. Aduk semua bahan hingga merata dan adonan sedikit lembek. Untuk membuatnya, ambil selembar kulit pangsit lalu isi dengan 1 sdm bahan isian dan sedikit wortel parut lalu tutup. Lakukan hingga semua bahan habis lalu kukus siomai hingga masak. Setelah matang, angkat dari kukusan kemudian sisihkan.


Untuk menghidangkannya, Anda bisa memotong-motong siomay udang terlebih dahulu agar lebih mudah disantap. Tuangkan saus kacang di atas siomai dan bila suka Anda juga bisa menambahkan sedikit kucuran air jeruk limau. Selamat menikmati!

No comments:

Post a Comment