Monday 13 April 2015

Siomay Yang Ditunggu Untuk Oleh-Oleh

Bila bepergian ke kota-kota di Jawa Barat seperti Bandung dan Bogor, oleh-oleh yang sering diminta oleh kerabat di rumah atau kolega kantor tiada lain dan tiada bukan adalah kuliner siomay. Tetapi tahukah Anda bahwa sebenarnya hidangan ini bukanlah makanan asli dari Indonesia melainkan dari negeri Mongolia Dalam. Saat menjadi kuliner Indonesia tentu dilakukan beberapa adaptasi agar hidangan ini lebih cocok dengan selera masyarakat. Selain disantap sebagai snack, siomai juga cocok digunakan sebagai oleh-oleh, apalagi saat ini telah hadir pula produk siomai yang diolah sebagai frozen food alias makanan beku.


Siomay unik dari kota Bogor
Dengan semakin berkembangnya dunia kuliner, siomay bahkan hadir dalam varian yang semakin beragam bahkan sangat berbeda dengan versi aslinya yang merupakan kudapan manis. Dengan kreatifitas yang tinggi, di kota Bogor misalnya saat ini telah hadir variasi siomai sebagai snack bercitarasa manis dengan bahan isian dari buah durian yang legit dan masak plus sausnya yang sedap yang juga terbuat dari daging buah durian. Kuliner unik yang satu ini konon merupakan percampuran dari hidangan surabi durian dan siomay Bandung.

Siomay dari Bandung
Yang khas dari siomay Bandung misalnya adalah teknik penyajiannya, yaitu dengan menambahkan bakso tahu. Terdapat dua jenis bakso tahu yang dapat digunakan sebagai bahan tambahan siomay, yaitu bakso tahu basah dan bakso tahu kering. Kedua jenis bakso tahu ini sering juga disebut sebagai batagor basah dan batagor kering. Siomai juga dapat disajikan dengan bahan-bahan pelengkap yang lain seperti kubis rebus gulung, pare yang diisi dengan bahan isian siomai, telur rebus, kentang rebus, dan sebagainya. Ditambah dengan taburan seledri, bawang goreng, dan saus kacang juga kecap manis, siapa yang bisa menahan diri dari kelezatan siomai ini?


Selain siomay-siomay yang lazim kita temui sehari-hari ada juga ragam hidangan ini yang dibuat dalam bentuk siomai toping, siomai goreng, siomai rebus, siomai sea food, siomai vegetarian, siomai super pedas dengan isian yang dicampur cabai rawit giling, dan lain sebagainya. Jadi, jenis siomai yang mana yang Anda pilih untuk oleh-oleh orang-orang tercinta? 

No comments:

Post a Comment