Monday 13 April 2015

Siomay Komplit Dari Dapur Anda

Pusing melihat hobby si buah hati untuk membeli jajanan pada abang-abang tukang jualan yang sering lewat di depan rumah atau di dekat sekolahnya? Jika memang demikian mengapa tidak mencoba membuat sendiri penganan kesukaan si kecil yang sering dibelinya tersebut, seperti misalnya siomay. Dengan membuat sendiri siomai kegemaran si kecil Anda bisa memastikan kesehatan hidangan karena tentu Anda akan memilih sendiri bahan-bahan baku berkualitas yang segar.


Resep siomay komplit buatan sendiri
Bahan-bahan yang harus Anda beli adalah 3 ons daging ikan tenggiri segar yang telah dicincang atau digiling hingga halus, tepung kanji secukupnya, 100 ml air kaldu ikan, 1 sdm minyak wijen, 1 butir telur ayam yang telah dikocok, 1 batang daun bawang yang telah dicincang halus, dan bumbu-bumbu seperti garam, gula, dan merica sesuai selera. Sementara untuk bahan pelengkapnya adalah, kol segar yang telah disiangi, tahu putih, pare, kentang, telur ayam rebus, dan jeruk limau.

Masukkan seluruh bahan pembuat siomay ke dalam mangkuk besar lalu aduk hingga merata dan adonan tidak terlalu lengket. Buang biji pare dan potong-potong kira-kira sepanjang 6 cm. potong-potong tahu lalu keruk salah satu sisinya dan lumatkan hasil kerukan kemudian campurkan dengan bahan pembuat siomai. Setelah itu bentuk adonan menjadi bulat-bulat dengan bantuan sendok makan dan masukkan pula adonan siomai ke dalam pare yang telah dibuang bijinya dan pada salah satu sisi tahu yang telah dihilangkan bagian tengahnya.

Masukkan adonan siomay yang telah dibentuk pada air mendidih. Siomai dapat dikatakan matang bila sudah mengapung di air mendidih. Kukus kol, kentang, tahu, dan pare hingga masak. Bila seluruh bahan telah masak, siapkan sebuah piring dan potong-potong seluruh bahan agar lebih mudah disantap. Setelah itu siram dengan kuah kacang dan beri sedikit kucuran air jeruk limau. Agar lebih lezat Anda bisa menambahkan taburan bawang goreng. Bila menyukai rasa yang sedikit pedas Anda bisa menambahkan sambal instan botolan atau kecap pedas.


Setelah menyantap siomay buatan Anda sendiri ini dijamin si kecil tak akan gemar jajan di luar lagi.  

No comments:

Post a Comment