Tuesday 14 April 2015

Siomay Toping Yang Dapat Dipilih Sesuai Selera

Asal-muasal kuliner siomay yang merupakan hidangan yang banyak digemari masyarakat Indonesia ini memang bukan asli dari tanah air melainkan dari daratan Mongolia Dalam. Meskipun demikian saat ini jarang ada yang mengetahui bahwa sajian khas yang satu ini bukanlah makanan Indonesia asli karena begitu akrabnya masyarakat di tanah air dengan sajian kuliner siomai. Bahkan hidangan yang merupakan bagian dari dim sum ini telah dianggap sebagai sajian khas dari kota kembang Bandung yang tentu telah dimodifikasi dengan disesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia.


Varian siomay Toping
Pada versinya yang asli siomay adalah daging babi cincang yang diberi beragam bumbu untuk menambah cita rasa kemudian dibungkus dengan kulit tipis yang dibuat dari campuran tepung kanji, terigu, dan air. Untuk mematangkannya siomai ini kemudian dikukus dalam dandang kukusan panas lalu disajikan dengan beragam hidangan berukuran kecil lainnya dan disantap sebagai snack atau brunch dengan tambahan saus cuka. Resep hidangan ini konon dibawa oleh para pedagang dari negeri Cina hingga ke tanah air.

Di Indonesia pembuatan siomay tentu tak dapat menggunakan resep aslinya dengan daging babi cincang karena mayoritas penduduk Indonesia yang muslim. Bahan isian untuk siomai pun diganti dengan ikan, daging, udang, kepiting, atau daging ayam. Bahan sausnya pun mengalami modifikasi, yaitu dengan saus kacang tidak lagi menggunakan cuka. Seiring dengan semakin berkembangnya dunia kuliner di tanah air, siomai pun saat ini hadir dengan semakin banyak variasi, seperti siomai rebus, siomai goreng, siomai seafood, siomai vegatarian, siomai dengan bahan isian manis, hingga siomay dengan cita rasa sangat pedas yang sering disebut siomai setan.


Di kota Bandung yang merupakan pusat jajanan lezat, Anda juga bisa menikmati siomay dengan berbagai macam toping seperti siomai toping bakso, sosis, kornet, dan keju. Sungguh unik, bukan? Dengan harga yang cukup terjangkau, kurang dari 5 ribu rupiah saja per-buahnya, kuliner yang satu ini sangat cocok untuk menemani kebersamaan Anda dan keluarga. Jadi, toping yang mana yang menjadi pilihan Anda?

No comments:

Post a Comment